Halaman

Jumat, 20 Februari 2009

LBIPI Kaltim

LEMBAGA BIMBINGAN IBADAH

DAN PENYULUHAN ISLAM (LBIPI)


MUKADIMAH

Perkembangan dan derap kehidupan pada era informasi dan iptek ini terasa sangat cepat dan dinamis.

Perubahan dan pergeseran nilai-nilai kehidupan sangat cepat berubah. Keadaan terkadang menuntut kita turut berpacu, ambisi untuk merebut kemenangan dalam berkompetisi akan mudah terkena radiasi pemikiran materialisme dan sekuler. Persaingan tidak sehat sering terjadi walaupun terpaksa harus mengorbankan harga diri.

Iman pun terpaksa atau dengan sukarela terkadang harus tergadaikan, apa boleh buat demi uang, demi ambisi dan gengsi juga demi cita-cita.

Banyak orang berhasil menumpuk kekayaan tetapi jiwanya miskin. Banyak orang berhasil meraih cita-cita dan kedudukan tinggi tetapi martabatnya rendah. Banyak orang mampu menguasai iptek, komputer dan alat komunikasi tetapi sedikit yang mampu menguasai diri. Keseimbangan dan hati nurani cenderung menghilang. Banyak perilaku aneh, sadis dan hilang rasa malu, congkak dan semena-mena sering menyertai orang-orang yang berhasil, sebaliknya putus asa, stress dan depresi menyertai orang-orang yang gagal.

Bimbingan Ibadah dan Penyuluhan Islam menjadi sangat penting, sebab satu-satunya obat penawar yang mampu mengembalikan manusia kepada keseimbangan dan fitrahnya hanya Islam. Islam bagi manusia ibarat air bagi ikan. Manusia akan hidup dan berkesinambungan bila kembali pada Islam dengan benar.

Atas dasar hal tersebut di atas, kami merasa terpanggil untuk menyelenggarakan bimbingan dan penyuluhan tentang Islam kepada umat manusia pada umumnya dan kaum muslimin khususnya sebagai wujud tuntutan Al-Qur’an dan As-Sunnah dan kepedulian terhadap kemaslahatan dan keselamatan ummat. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberkati dalam ridho-Nya. Amin ya Robbal ‘alamin.


BIMBINGAN DAN PENYULUHAN

Untuk itu kami mempersiapkan tenaga para pembimbing dan pengajar yang siap untuk:

1. Memberikan santunan dan pelayanan berupa bimbingan ibadah dan penyuluhan Islam, meliputi:

· Khatib shalat jum’at

· Muballigh / Da’i untuk ceramah dan penyuluhan agama

· Pengisian ta’lim / kajian kitab

· Konsultasi agama baik langsung maupun tertulis melalui surat maupun telepon tentang aqidah, akhlaq, ibadah, umroh, munakahat, muamalah, ijtima’iyah, ukhuwah Islamiyah dan berbagai macam masalah keagamaan

· Privat untuk pelajaran Qiro’atul Qur’an, Tafsir, Hadist, Fiqhus Sunnah, Bahasa Arab dan Qowa’idul Lughah (Nahwu – Sharaf)

· Program khusus TATBIQI, mampu membaca, menulis, dan memahami Al-Qur’an dalam 27x pertemuan

2. Menerima dan menyalurkan maal (dana) kepada mustahiqnya sesuai dengan petunjuk dalil-dalil Al-Qur’an dan As-Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, berupa:

· Zakat mal (harta) untuk delapan ashnaf

· Shadaqah jariyah untuk pembangunan sarana ibadah

· Santunan untuk fuqara, masakin dan yatim piatu

· Infaq fie sabilillah untuk kemaslahatan umat di jalan Allah


TENAGA PEMBIMBING

· Ustadz H, Adzra’ie Abd. Syukur

· Ustadz Ir. Wahyu Iwa Sumantri

· Ustadz Rais Abdullah, Lc., MA

· Ustadz Makmun, S.Ag., M.Ag

· Ustadz Joko Susilo, S.PdI

· Ustadz Ihin Sholihin Ayyub, A.Md

· Ustadz Nurhabibi, S.Sos

· Ustadz Didiek Purwanto, SS

· Ustadz Basuki Purnomo, ST

· Ustadz Ahmad Fauzi, ST

· Ustadz Amir Syarifudin, ST

· Ustadz Ahyaudin, S.Tp

· Ustadz Mahpudz Nuzuli

· Ustadz Hamli Kadri

· Ustadz M. Zainuri, S.Sos.I

· Ustadz Saefudin


PENASIHAT

Q Prof. DR. Ir. H. Ach. Ariffien Bratawinata, M.Agr

Q Ustadz H, Adzra’ie Abd. Syukur

Q Ustadz Ir. Wahyu Iwa Sumantri


MAKLUMAT

Kepada kaum muslimin yang berminat untuk mendapatkan bimbingan ibadah dan penyuluhan Islam atau ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut, silahkan menhubungi:

Sekretariat LBIPI Kaltim

Jl. Sentosa Gg. Kenangan III No. 71

RT. 79 RW. II Samarinda 75117

Telepon: 05417203024, 081399912627, 05417094497, 085250961116, 85279728498

Website: www.jamaahmuslimin.com

E_mail: lbipismd@yahoo.co.id

PENUTUP

Kerjasama untuk meninggikan kalimah Allah dan mewujudkan masyarakat Islami yang beriman dan bertaqwa yang dilandasi oleh semangat ukhuwah Islamiyah, dapat terwujud bila kaum muslimin memiliki kesadaran untuk berjuang dan saling menunjuang, kuat menguatkan sesama umat Islam dalam satu kesatuan yang kokoh dan kuat, Semoga rahmat dan barokah Allah Subhanahu wa ta’ala menyertai kita semua, amin.

Tidak ada komentar: